Toyota All New Avanza Veloz A/T | |
Mesin | 1.495 cc 4 silinder |
Tenaga maksimum | 104 dk/6.000 rpm |
Torsi maksimum | 136 Nm/4.400 rpm |
0-100 km/jam | 11,9 detik (klaim) |
Konsumsi bbm | 12 km/l (klaim) |
Transmisi | 4-spd auto/rwd |
P x L x T | 4.140 x 1.660 x 1.695 mm |
Wheelbase | 2.665 mm |
Ground clearance | 200 mm |
Kapasitas tangki | 45 liter |
Ukuran ban | 185/65 R 15 |
Harga: Rp 180,2 juta |
Toyota All New Avanza Veloz resmi dirilis. Namun kami tergelitik saat mengetahui data spesifikasi yang tertera pada brosur yang menyebutkan tenaga mesin yang dihasilkan lebih rendah 5 dk. Padahal pihak Toyota mengklaim bahwa akselerasi 0-100 km/jam mengalami peningkatan 0,2 detik dari pendahulunya menjadi 11,9 detik.
Begitu unit tesnya tersedia, kami pun langsung mencoba Toyota Avanza Veloz untuk merasakan impresi pertamanya. Meski di area terbatas, namun kami tak menemukan penurunan performa akibat selisih tenaga tersebut. Tapi hal ini akan kami buktikan melalui data tes di edisi mendatang.
Setidaknya saya masih merasakan performa yang mirip dengan pendahulunya untuk urusan akselerasi. Dengan transmisi otomatis 4-speed, Avanza Veloz tetap terasa agresif.
Apalagi model tertinggi All New Avanza ini ditunjang penampilan yang lebih sporty. Konsep V-shape di bagian depan, memberi nuansa berbeda dari Avanza tipe E dan G yang mengusung desain X-shape. Begitu pula desain bumper belakang, dan side skirt yang membuatnya terlihat selaras.
Posisi kaca depan lebih maju 5 mm dan ketinggian atap bagian belakang lebih rendah 10 mm membuat coefficient of drag membaik menjadi 0,32 dari pendahulunya 0,36.
Di interior, selain kombinasi warna black dan grey untuk memperkuat konsep sporty, fitur Veloz merupakan yang terlengkap di line-up All New Avanza. Tombol audio di kemudi, dan input audio via aux-in dan USB, serta MID, telah menjadi kelengkapan standar. Meski belum dilengkapi airbag, Veloz sudah memiliki rem dengan ABS.
Head unit terintegerasi sudah dilengkapi input aux-in dan USB serta dapat dikendalikan dari lingkar kemudi | |
Instrument Cluster baru dengan MID | Tombol Pengatur Audio di kemudi |
Kenop AC untuk mengatur blower di dasbor | Trim pintu memiliki kontur bergaris sehingga tampil lebih mewah |
Center air ventilation membuat Kinerja AC double blower semakin ringan |
Penerapan EPS membuat kemudi Veloz terasa lebih ringan dan cocok digunakan di area terbatas. Semoga saat melaju cepat, sistem kemudi ini tak membuat mobil menjadi liar. Keuntungan dari penerapan EPS adalah efisiensi bbm.
Kinerja AC kini lebih ringan dengan menyematkan center air ventilation di dasbor. Tugas utamanya adalah memberi suplai udara dingin ke blower belakang, sehingga kerjanya tidak terlampau berat.
Dari data tes yang dilakukan Toyota, Veloz lebih irit bbm dibanding Avanza generasi sebelumnya. Tercatat terjadi peningkatan hingga 7,14%, dengan angka mencapai 12 km/l. Sekali lagi hal ini perlu kami buktikan dalam tes lengkap.
Dengan mengacu pada hasil akhir tersebut, jelas R&D Toyota tidak menargetkan untuk mengejar peningkatan tenaga, namun memproritaskan untuk memperoleh konsumsi bbm yang lebih irit. Dengan kata lain, performa akselerasi sedikit meningkat, namun efisiensinya lebih baik.
Selebihnya, suspensi tidak berbeda dengan Avanza tipe lainnya. Improvement dari pendahulunya tetap terjadi dengan karakter kelembutan suspensi yang sama. Efek dari suspensi yang lebih lembut, dikurangi dengan menambah jarak track roda hingga 10 mm untuk memperoleh kestabilan.
Dengan harga Rp 180,2 juta, Toyota All New Avanza Veloz A/T akan berhadapan dengan Nissan Grand Livina 1.5 SV A/T. Tak heran bila inovasi yang dilakukan merupakan upaya untuk memberi sejata bagi Veloz saat berhadapan langsung dengan Grand Livina. Baik di sektor konsumsi bbm maupun kelembutan suspensi. Sebuah inovasi yang menarik.
Desain V-shape kian menguatkan unsur sporty pada veloz | |
Untuk mengejar efisiensi yang lebih baik, 3SZ-VE kini bertenaga 104 dk dan menggunakan EPS | Jarak track roda lebih lebar dengan suspensi yang terasa lebih lembut |
Sein di spion sebagai standar | Avanza Veloz dilengkapi pelek alloy 15 inci |
Bentuk reflektor lamp disesuaikan dengan bumper | Bagasi All new Avanza kini lebih luas ketimbang pendahulunya |
0 komentar:
Posting Komentar