7.09.2011

Tutorial Membuat Image Partisi (ghost) Sistem Operasi Windows XP / VISTA

               Saya tergugah untuk membuat tutorial ini karena ada kejenuhan pada sebagian orang yang bosan untuk instalasi Sistem Operasi Windows XP/Vista dengan proses yang begitu lama, biasanya kita tahu proses instalasi XP/Vista memerlukan waktu 2 jam atau lebih, dengan instalasi yang akan kita lakukan hanya dibutuhkan 10 menit s/d setengah jam, tergantung berapa besar kapasitas instalasi yang kita buat.
               
                Untuk melakukan praktek, disini kita memerlukan program Cloning Tool. Sebetulnya banyak sekali program semacam ini yang beredar di pasaran, diantaranya Symantec/Powerquest Disk Image, Roxio GoBack, Windows System Restore, CD Minipe, CD Disk Manager, dll. Tetapi kali ini yang saya pakai adalah Program Norton Ghost 11.5 yang dapat anda temukan dalam CD Hiren’s Boot CD 9.8. Ini saya pilih karena saya rasa lebih simple dan mudah untuk digunakan. 

                Norton Ghost menyediakan fungsi backup dan restore dengan mudah. Dengan bantuan Hiren’s Boot CD, anda bisa melakukan proses backup dan restore instalasi Sistem Operasi Anda dengan mudah, praktis dan cepat. Namun untuk proses restore saya bahas pada artikel yang lain yaitu “Tutorial Restore Image Partisi (ghost) Sistem Operasi Windows XP / VISTA”.

Untuk dapat mendapatkan hasil yang kita inginkan kita harus menginstal Sistem Operasi dengan proses yang biasa kita lakukan.
Untuk itu mulailah persiapan dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan yaitu :
  1. CD Windows XP profesional SP1, SP2, SP3, tergantung spesifikasi komputer anda.
  2. CD Driver Mainboard.
  3. CD program yang anda butuhkan, usahakan selengkap mugkin supaya pembuatan image untuk sekali saja.
  4. CD Hiren’s Boot 9.8, atau seri yang lainnya.
Berikut saya tunjukan langkah-langkah pembuatan image partisi secara berurut, tolong dipahami selengkapnya :
  • Instal Operating Sistem Win XP / Win Vista seperti biasa, jika anda tidak paham bisa dilihat dalam artikel yang lain tentang “Instalasi Windows XP”.
  • Instal Driver Mainboard sesuai jenis device pada komputer anda.
  • Instal Program yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Setelah semua selesai kemudian posisikan komputer anda pada tingkat paling cepat, baik dalam segi hardware maupun software, untuk hal tersebut saya akan membuat komposisi yang bagus supaya komputer anda berjalan dengan cepat pada artikel selanjutnya.
  • kemudian restart komputer anda.
  • langkah selanjutnya ketika komputer anda hidup kembali pengaturan awal kita arahkan booting awal ke CD caranya yaitu kita harus masuk terlebih dahulu ke BIOS(Basic Input Output System)  biasanya kita masuk ke BIOS dengan menekan tmbol DEL, namun pada beberapa jenis Mainboard tertentu ada juga yang menggunakan tombol F2. Anda dapat melihatnya pada perintah Press DEL to run Setup.atau Press F2 to Run Setup.
  • Kemudian jika anda sudah berada di BIOS pilih Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar
  • Untuk merubah booting awal ke CD anda rubah pada posisi 1st Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +/- atau Pg Up/Pg Down di keyboard. Lalu tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi kamu dan kamu keluar dari BIOS, otomatis komputer anda akan merestart.
  • Kemudian masukan CD Hiren’s Boot yang anda miliki.
  • Setelah masuk ke tampilan computer otomatis booting akan masuk ke CD ROM dan akan keluar tampilan menu pada CD Hirren’s Boot.
  • Pada menu Booting Hiren’s, pilih ‘Start BootCD’ .
  • Pada Menu Utama Hiren’s, Pilih [2]. Backup Tool > [2.] Norton Ghost > [8.]Ghost (Normal). Tunggu beberapa saat hingga program Norton Ghost berjalan. Klik OK.

  • Kemudian pilih Menu > Local >Partition > To Image untuk menyimpan partisi ke dalam sebuah file image.

  • Pilih Hardisk Fisik yang akan di backup . Biasanya Windows ada pada Local (1), kalo Hardisk yang anda pasang hanya satu maka anda tidak perlu susah memilih, cukup dengan menekan ENTER saja. seperti pada contoh, tekan OK.

  • Pilih Partisi pada Hardisk yang akan di backup Biasanya Windows ada pada Primary Drive seperti pada contoh, tekan OK. Perhatikan atribut lainnya seperti File System (NTFS/FAT32), Label, Ukuran dsb. Pastikan Anda memilih drive yang tepat, dan kalau perlu anda bisa memberi nama pada partisi sebelum proses ini dimulai.

  • Tentukan Partisi Harddisk mana yang akan digunakan untuk menyimpan file backup image. Biasanya saya simpan pada partisi D atau partisi lain khusus untuk DATA.
  • Beri nama pada file, misalnya MASTER atau BACKUP kemudian klik SAVE.

  • Kemudian akan muncul dialog Compress Image File, pilih salah satu berdasarkan keterangan berikut:
    No = Pilih ini jika anda tidak ingin mengubah file image dari ukuran file windows sebenarnya
    FAST = Pilihan kompresi cepat, hasilnya kurang lebih 30% dari ukuran file sebenarnya
    HIGH = Pilihan kompresi tingi, hasilnya bisa sampai 60% dari ukuran file asli meski prosesnya akan sedikit lebih lambat.
    Saya anjurkan Anda memilih pilihan HIGH ini untuk menghemat space harddisk sekaligus mengurangi resiko kerusakan. Toh Norton Ghost tidak mengubah isi file image, hanya ukuran filenya saja yang dipadatkan. sama seperti yang dilakukan oleh WinZIP atau WinRAR.


  • Ketika muncul dialog box “Procesed with partition image creation?” Pilih YES
  • Proses membuat Partition Image sedang dilakukan.

  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul Image Box ‘Image Creation Completed Successfully’, klik Continue. kemudian klik Quit untuk keluar dari Program.



Untuk saat ini anda sudah punya satu file image dari sistem operasi Anda yang sewaktu-waktu bisa dipanggil kembali untuk melakukan restorasi. Anda bisa menggunakan Flashdisk, Hardisk Drive khusus data, atau Media DVD untuk menyimpan file Image ini, hanya untuk berjaga-jaga.




Sumber :  http://jayacomp.jigsy.com/entries/software/tutorial-membuat-image-partisi-ghost-sistem-operasi-windows-xp-vista

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More