7.11.2011

Membatasi Bandwidth Limit Per Komputer Dengan System Penalty

           Kebetulan ada waktu… artikel ini saya khususkan untuk mas bogel (dan untuk yang  lain yang belum mengerti tentang limiter). Mas bogel kebetulan bertanya bagaimana cara mengatasi pengguna IDM ataupun jenis lain download accelerator yang biasa di gunakan di warnet/tempat publik/cafe sehingga mengganggu akses internet pemakai yang lain. Ide utama mas bogel ini baik yaitu menyama-ratakan hak semua pengguna jadi saya dukung dan akan saya bantu.

           Sebenarnya sah-sah saja dan tidak salah kalau ada orang ingin menggunakan IDM atau program download accelerator sejenis, sayangnya kalau ini dilakukan terus-terusan akan menggangu pengguna yang lain yang akan berakibat meruginya pengguna lain dan penyedia layanan. Semua pengguna membayar sama jadi saya rasa tidak ada salahnya beberapa administrator jaringan memberlakukan batasan apabila menemukan salah satu abuser jaringan.

           Perlu kita ketahui tidak semua pengguna adalah abuser, cuma beberapa sebagian kecil saja dan rasanya sangat tidak bijak dan adil kalau kita menghukum semua pengguna hanya karena satu orang abuser saja.  Untuk itu kita memerlukan sebuah program yang bisa membantu kita melakukan pengaturan jaringan secara otomatis tanpa perlu kita awasi. Setelah sekian lama saya mengunakan windows saya hanya menemukan 1 program yang mampu melakukan ini yaitu softperfect bandwidth manager. Bukan berarti program limiter yang lain jelek,  bagus kok… sayangnya beberapa program limiter yang lain ini hanya memberlakukan satu jenis aturan yang rasanya akan merugikan semua pengguna (terkecuali resource yang tersedia lebih dari cukup) jadi yang akan kita bahas adalah advanced limiter dengan menggunakan software softperfect bandwith manager.

            Langkah awalnya kita harus menyiapkan programnya dulu,  softperfect bandwith manager bisa di download di http://www.softperfect.com/products/bandwidth/ silahkan untuk membeli license untuk penggunaan bisnis. Untuk yang ingin sekedar belajar saya sediakan versi bajakannya tapi sekali lagi saya sangat rekomendasikan untuk membeli license bagi yang menggunakan software ini untuk keperluan bisnis! bukan apa-apa saya juga marah kalau ada yang membajak produk saya… silahkan download versi bajakan untuk belajar di sini.

License name: Pierre MAUCLAIR
License code: HTWX5-VK37S-CK2MG-AZBJQ-5LLFC-9QYMN-9TQFT-3DSQ8-QTM7E-X2YAG

            Langkah kedua adalah menginstall program tersebut. Lalu mulai siapkan konfigurasi. Contoh dibawah adalah untuk jaringan dengan IP range 192.168.0.1 – 192.168.0.255, semua client dalam IP range boleh menggunakan full resource bandwith selama dalam batas penggunaan wajar, namun akan terkena penalty otomatis apabila menggunakan full resource selama 5 menit berturut-turut (biasanya download apabila lebih dari 5 menit, bisa di setting sesuai kebutuhan) Sekalian saya tambahkan rules untuk abuser jenis penggila browsing biasanya mereka membuka lebih dari 10 tab dalam waktu singkat ini akan mengganggu kualitas jaringan dan merugikan pengguna yang lain, dalam contoh saya memberlakukan maksimal koneksi adalah 60 (bisa di setting sesuai kebutuhan). Untuk rules berikutnya silahkan di tambahkan sendiri sesuai kebutuhan.

* Bisa di setting sesuai kebutuhan.
* Bisa di setting sesuai kebutuhan.
* Bisa di setting sesuai kebutuhan. (contoh untuk squid transparent ikuti artikel yang lain)
* Bisa di setting sesuai kebutuhan.  Tanggal bisa di gunakan atau di non-fungsikan untuk selamanya (contoh untuk squid transparent ikuti artikel yang lain)
* Bisa di setting sesuai kebutuhan.
* Bisa di setting sesuai kebutuhan.

            Dengan menggunakan rules yang kita buat ini kita bisa membatasi abuser yang sering mengganggu jaringan tanpa perlu merugikan pengguna yang lain.  Pemahaman bahasa mudahnya adalah sebagai berikut: Misal kita memiliki resource bandwidth sebesar 10Mbps, kita share ke sekitar 100 client, semua client berhak mendapatkan maksimum resource bandwidth yaitu 10Mbps, namun apabila ada salah satu client yang menggunakan resource bandwidth sebesar 10Mbps selama 5 menit akan kita beri penalty limiter/batasan sebesar 10% menjadi 10×10%=1Mbps, apabila ada user yang menggunakan koneksi lebih dari 60 koneksi per detik akan di beri penalti 40% menjadi 10×40%=4Mbps.

             Kerugian menggunakan limiter lain yang hanya memberlakukan rules satu arah. Misal resource bandwidth adalah 10Mbps, jumlah client 100, maka limiter yang di aplikasikan adalah 10/100=0.1Mbps, rugi bukan? padahal belum tentu semua pengguna adalah abuser. Maka dari itu saya sangat sarankan untuk penggunaan limiter cukup memberi hukuman penalty kepada abuser saja, jangan di sikat rata semua. Sama seperti kasus facebook yang terkena kasus hari menggambar nabi Muhammad SAW menyebabkan memkominfo menyuruh menutup semua akses ke facebook… yang ada dalam pikiran saya itu sih GILA BIN BODOH kenapa nggak di block URL spesifik yang menuju ke halaman yang melanggar aturan itu saja? apa semua halaman di facebook itu melanggar aturan…? :P


Sumber : http://id.istanto.net/2010/05/26/membatasi-bandwidth-limit-per-komputer-dengan-system-penalty/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More