6.08.2011

Anda Hanya Butuh 1 Kata dalam berhubungan dengan orang lain yaitu Pujian

detail_img


Cerita-cerita terdahulu banyak sekali yang memberitahukan kita bahwa setiap manusia itu ingin dan selalu ingin merasa di hargai dan diakui keberadaannya di dunia ini. Yaa...pengakuan ini tentu saja akan berbeda-beda bagi setiap orang tergantung siapa dan bagaimana backgroundnya terdahulu. Namun benang merahnya (seperti kata dalang dalam OVJ), untuk mendapatkan hal ini hanya satu yaitu memperoleh perasan penting diantara rekan teman,keluarga dan lingkungan sejawatnya.

Hasrat menjadi penting dan besar hampir sama mutlaknya seperti keinginan makan dan tidur. Hal ini merupakan gambaran yang jelas yang pernah di keluarkan oleh beberapa orang besar yaitu Sigmun Freud yang pernah berkata,

"Bahwa segala yang anda dan saya kerjakan berasal dari dua motif, desakan seks dan hasrat menjadi besar".

John Dewey: "Desakan yang paling dalam pada sifat dasar manusia adalah hasrat untuk menjadi penting".
William James" "Prinsip paling dalam pada sifat dasar manusia adalah kebutuhan di hargai".

Bahkan Lincoln juga pernah mengirim suratnya dengan mengucapkan, "setiap orang menyukai pujian".

Kita ambil saja contoh George Washington ingin dipanggil yang mulia. Colombus memohon mendapatkan sebutan "Admiral lautan dan raja muda india". Yang mulia Catherine menolak untuk membuka surat-surat yang tidak bertuliskan yang mulia. Yang di depan mata kita saja bagaimana guru bangsa kita yang baru saja berpulang sedang berusaha mendapatkan gelar pahlawan.

Tidak aneh memang hal ini terjadi, dan ini memang sifat dasar. Kalau anda pernah merenungkan diri anda sendiri, anda baru akan sadar kalau biasanya pada saat anda tidak memikirkan sebuah pekerjaan, maka lebih dari 75 % waktu anda akan anda habiskan untuk memikirkan diri anda sendiri. Apa yang anda pikirkan ini menunjukkan bahwa setiap orang itu memang memiliki sifat egoisme dan mengutamakan dirinya di dalam kehidupannya. Hal ini sangat wajar dan tidak ada yang salah dengan itu.

Menarik bukan, penjabaran di atas penting sekali dalam kehidupan kita karena hal tersebut dapat menjadi modal utama bagi kita semua untuk dapat berhasil dalam hidup kita. Seorang teman saya di kantor yang terdahulu, yang sering selalu saya sebut sebagai ideal leader, adalah sebuah karakter yang sempurna menurut saya. Dia adalah seorang teman, atasan dan rekan kerja yang luar biasa. Beliau adalah seorang pemimpin department di sebuah perusahaan besar di Indonesia. Beliau sangat tahu bagaimana untuk menghargai orang lain dan dengan kemampuannya ini menjadi tenaga pegas yang luar biasa dalam karirnya.

Dengan umurnya yang terbilang muda beliau sudah bisa memimpin sebuah departemen strategis di perusahaan tersebut. Saya sempat terheran melihat beberapa hal yang dia lakukan didalam kegiatan bersosialisasi di kantor. Mari kita telaah beberapa kebiasaaanya :

Dia selalu memuji setiap pendapat yang di keluarkan siapapun, bahkan menurut saya itu pendapat yang biasa banget tapi dia bisa memberikan penghargaan yang tulus akan itu (pujian/penghargaan).

Dia selalu fokus dan berusaha tidak terganggu oleh apapun apabila orang lain sedang berbicara, dan seakan-akan pendapat orang tersebut sebegitu pentingnya untuk dia (pujian/penghargaan).

Dia selalu mengingat beberapa patah kata yang pernah dia dengar dan dalam kesempatan lain dia akan memberitahukan kata-kata tadi dan memberitahukan dia mendapatkan pendapat itu dari siapa (pujian/penghargaan).

Beberapa tindakan diatas saya sampaikan dengan maksud ingin menunjukkan kepada anda, bahwa memang pujian dan penghargaan merupakan hal penting dalam hidup ini. Saya yakin anda pun setuju bahwa dipuji atau di hargai orang lain merupakan kebutuhan dasar kita.

Untuk itu mari kita berhenti memikirkan diri sendiri saja, luangkan waktu yang lebih untuk mencari kelebihan seseorang dibandingkan mencari kelemahan seseorang. Berilah pujian yang tulus, lakukan pujian itu sepenuh hati. Ingat bahwa seorang M. Schwab - seorang pemimpin perusahaan baja terkenal yang bergaji sejuta dolar tiap tahun atau tiga ribu dolar sehari- pada saat berbagi rahasaianya beliau berkata,

"Bahwa asset yang paling besar yang saya miliki adalah kemampuan saya dalam membangkitkan antusiasme pada orang lain, dan hal ini saya lakukan dengan sebisa mungkin memberikan penghargaaan dan pujian dan meninggalkan sejauh-jauhnya yang namanya kritik".
Salam hangat dari saya dan sukses selalu


D_loebiz
Founder & Motivator Beranie Gagal.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More