10.05.2010

Chairul Tanjung: 2030, RI Jadi Negara Maju

VIVAnews – Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung menyatakan Indonesia bakal menjadi negara maju pada 2030.
Indonesia akan mencapai pertumbuhan tinggi dan bertransformasi menuju negara maju dalam beberapa tahap.

Tahap pertama, kata Chairul, sampai dengan tahun 2015 merupakan tahap pembenahan. ”Kami prediksi pertumbuhan ekonomi berkisar antara 5-7 persen per tahun,” ungkapnya kepada wartawan usai menyampaikan orasi ilmiah dihadapan ratusan mahasiswa dan pejabat IPB di Auditorium Rektorat, gedung Andi Hakim Nasution, IPB Dramaga, Selasa 5 Oktober 2010.

Tahap kedua, yakni pada tahun 2015–2025 merupakan tahap akselerasi bagi Indonesia. Pada tahap ini, perekonomian makin membaik dengan dorongan industrialisasi dan implementasi teknologi yang memadai dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 9-11 persen per tahun.

Untuk mencapai angka pertumbuhan ekonomi setinggi itu, pertumbuhan sektor industri harus mendorong pertumbuhan sektor lain, terutama sektor jasa.
Tahap ketiga adalah tahap berkelanjutan yaitu tahun 2025-2030. “Di tahap ini, Indonesia mulai masuk sebagai salah satu negara maju,” paparnya.

Namun, Chairul mengingatkan untuk menuju Indonesia maju, tidak bisa dilepaskan peran serta pengusaha nasional, serta kebersamaan semua lapisan masyarakat dan semuan komponen bangsa untuk bersatu guna menciptakan itu semua.

Dia mengingatkan untuk menuju Indonesia maju dan bisa bersaing dengan negara lain diperlukan kerjasama semua komponen bangsa terwujudnya Indonesia maju 2030 juga tidak lepas dari upaya maksimal dalam mamanfatkan seluruh potensi yang dimiliki Indonesia.
"Mulai dari sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA) dan posisi geografis Indonesia yang strategis."

Sementara itu, Rektor IPB Herry Suhardiyanto menegaskan pihaknya siap menyiapkan jebolan-jebolan IPB yang terbaiknya guna menunjang program pemerintah maupun para pengusaha.

Sumber :  http://bisnis.vivanews.com/news/read/181321-chairul-tanjung--2030--ri-jadi-negara-maju

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More