10.10.2010

Review: Acer Aspire 2930-642G25Mn

Sekarang daku harus bekerja menggunakan batu permata. Tapi bukan berarti daku sudah tidak bekerja di dunia IT lagi, karena batu permata ini bukanlah batu permata betulan.

Seri Gemstone
Seri Gemstone

Batu permata yang kupakai ini adalah sebuah nobie dari Acer yang merupakan seri gemstone. Pertama kali pakai seminggu yang lalu memang kesannya mewah banget. Casingnya berkilau seperti kaca. Kalau nobie dinyalakan, maka tulisan Acer di belakang layar akan menyala. Sudah begitu cat-nya ada gradasi hitam ke biru metalik. Dan berkilau seperti sebuah batu permata. Keren deh.

Seri nobie dari Acer ini adalah Acer Aspire 2930-642G25Mn. Nobie ini sudah dipersenjatai dengan prosesor nobie baru dari Intel, yaitu Core2 Duo T6400 yang menggunakan fabrikasi 45 nm alias lebih kecil lagi dari jajaran Core2 Duo sebelumnya yang menggunakan fabrikasi 65 nm.

Penggunaan fabrikasi 45 nm ini diklaim akan menjadikan prosesor hemat listrik sekaligus lebih dingin dari yang 65 nm. Selama seminggu menggunakannya rasanya klaim tersebut terbukti. Paling tidak nobie ini tidak sepanas nobie Acer-ku sebelumnya (TM 6292-100512Mi, TM 3045WTMi). Dan juga lebih tahan lama digunakan untuk bekerja ketika menggunakan baterai. Paling tidak 2,5 jam sudah terlampaui sampai akhirnya charger dicolokkan ke outlet.
gemstone1
Spec Sheet

Seri gemstone haruslah mewah, semewah batu permata. Dan ini dipenuhi oleh Acer yang dengan mewah mempersenjatai nobie ini dengan beberapa fitur unggulan. Sebut saja soundcard-nya yang keren dengan Dolby Home Theater dan Virtual Surround Sound. Ada colokan untuk S/PDIF juga untuk sambungan ke instalasi home theatre dengan kabel optik.

Tidak kalah seru adalah layarnya yang dijuluki CrystalBrite. Kurasa layarnya memang lebih cerah dari nobie-nobieku sebelumnya, termasuk juga Lenovo 3000 Y400 yang sampai sekarang masih mendampingiku di kegiatan experimen dan blogging di rumah.

Terkait dengan urusan penampilan, nobie ini menggunakan graphic media accelerator 4500MHD yang mampu dialokasikan RAM sampai 732 MB. Tapi sayangnya tetap share dengan RAM utama. Kali ini daku belum sempat mengetes performanya. Mungkin lain waktu ya.

RAM bawaan cukup besar, yaitu 2 GB DDR2. Harddisk juga lega dengan kapasitas 250GB. Secara default harddisk ini sudah dibelah 2 sama besar. Satu untuk sistem operasi bawaannya yang Microsoft Windows Vista Home Premium dan yang satunya kosong. Cukup lega untuk menyimpan semua data kita.

Lihatlah Kilau Casingnya
Lihatlah Kilau Casingnya

Oh iya, ada webcam-nya juga. Kamera yang bertajuk Crystal Eye ini cukup bagus digunakan untuk chatting dengan resolusi maksimal HD 720p. Dan ketika digunakan di ruang yang memiliki penerangan minim pun masih bisa menangkap gambar dengan baik walau pun masih ada noise-nya juga, tapi nyaris tanpa lag. Beda dengan webcam di nobie-nobie sebelumnya yang seringkali menjadi lambat karena harus memproses gambar yang ditangkap dan membuatnya lebih terang.

Untuk urusan koneksi juga cukup mumpuni. Nobie ini sudah dibekali port ethernet gigabit, wifi 5100ABGN, dan bluetooth menjanjikan koneksi dapat menggunakan berbagai alternatif. Kalau pun masih kurang, nobie ini sudah dibekali port PC Express untuk koneksi yang dapat di-upgrade. Sayangnya Sierra Wireless AirCard 875-ku jadi tidak bisa digunakan untuk nobie ini.

Nobie ini juga dilengkapi dengan 3 port USB untuk berkoneksi dengan berbagai piranti lain. Cukuplah ya?
Nampaknya sekarang semakin banyak nobie yang dibekali piranti pembaca FingerPrint. Termasuk juga nobie ini. Mungkin biar nobie lebih aman ya? Eh, bukan nobie-nya yang aman, tapi data dan aplikasinya. Soalnya proses verifikasi user bisa digantikan dengan pengenal sidik jari ini.

Jadi kalau mau hilang, ya hilang saja. Tapi data dan aplikasi tetap aman. Padahal kalau dioprek harddisk-nya ya bisa saja dibaca. Hehehe…

Nobie dengan Windows Experience Index 3,1 ini nampaknya cukup gegas walau pun mengusung Windows Vista. Memang sih Vista yang diusung cuma Vista Home Premium yang sudah dipangkas fitur-fitur eksotis dari Vista. Tapi daku memang kurang suka dengan Sidebar yang boros memori dan prosesor itu.

Menemani Vista Hompre (Home Premium maksudny), nobie ini sudah diinstal dengan MS Office 2007 Trial 60 days yang harus diaktivasi secara online. Habis masa trial kita harus membelinya atau Office akan terkunci dan tidak bisa dipakai.


Sumber : http://dewo.wordpress.com/2009/03/23/review-acer-aspire-2930-642g25mn/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More