8.22.2010

Indonesia Mulai Berani Buat Mobil Sendiri


(Foto: Prasetyo/okezone)
JAKARTA- Untuk memproduksi mobil hasil buatan negeri sendiri memang tidak mudah. Butuh proses yang panjang dan perlu pengujian secara terus menerus.

Ini pula yang terjadi dengan mobil-mobil buatan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dikenal dengan nama Esemka.

"Kita tahu ternyata buat mobil tidak sesederhana yang dibayangkan," ucap Kep. Sekolah SMK 1 Singosari, Jawa Timur, bagus Gunawan ketika dihubungi okezone.

Untuk Esemka, kata dia, kemungkinan baru bisa di produksi massal paling cepat pada 2014. "Saya pikir perkiraan itu juga terlalu cepat," paparnya.

Hal tersebut, lanjut dia, mengingat proses yang harus dilalui sebelum akhirnya sebuah kendaraan layak dikonsumsi massal. "Butuh pengujian yang bertahap sebelum akhirnya mobil tersebut layak disebut kendaraan pengangkut manusia," tegas Bagus.

Meski demikian, hadirnya mobil-mobil produksi dalam negeri menandakan Indonesia mulai berani berbuat sesuatu di bidang automotif. "Jangan kita jadi penonton terus, kita harus jadi pemain, kita buat sesuai kemampuan kita," jelasnya.

Kini, ujar dia, saatnya automotif dalam negeri menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Sumber :  http://autos.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More