8.25.2010

Calon Mobil Termurah Sejagat dari China

Gambar
Tata Nano (AFP)
Beijing - Sejak pertama kali diluncurkan, mobil paling murah sejagat, Tata Nano sudah berhasil mendobrak mindset konsumen dengan harganya yang kelewat murah.

Banyak pihak beranggapan bahwa harga Tata Nano yang saat ini sudah naik harga menjadi antara US$ 2.800-3.800 (Rp 26-35,2 juta) di India tidak mungkin ada yang menyamai, apalagi membuat mobil yang lebih murah dari itu.

Namun bila kita menatap industri otomotif China yang sudah memiliki lebih dari 100 merek mobil lokal, maka gelar mobil termurah yang sekarang disandang Tata Nano itu hanya tinggal menunggu waktu saja untuk digantikan.

Sebab kini sebuah perusahaan bernama Zotye Holding Group kabarnya sedang menyiapkan sebuah mobil yang berharga hanya 20.000 RMB atau sekitar Rp 26,4 jutaan saja.

Seperti detikOto kutip dari Autoevolution, Rabu (25/8/2010), Zotye kemungkinan akan menggunakan basis Jiangnan Alto yang telah dibuat pada tahun 2007 lalu untuk mobil murah yang belum diberi nama itu.

Dengan begitu, bila mobil berharga Rp 26 jutaan itu jadi keluar, maka Jiangnan Alto ini kemungkinan akan menjadi mobil termurah ketiga di dunia dengan harga 24.800 RMB atau sekitar Rp 32,8 jutaan.

Rencananya mobil murah dari Zetye itu akan diperkuat oleh dua pilihan mesin yang berkapasitas 800 cc dengan kekuatan 37 hp dan 1.100 cc dengan output maksimal 44 hp.

Kemungkinan lahirnya mobil murah dari pabrik Zetye pun menurut beberapa kalangan sangat mungkin terjadi karena perusahaan ini sudah cukup melebarkan sayap mereka di dalam negeri. Terlebih walau tidak banyak orang yang tau, Zetye ternyata adalah perusahaan China pertama yang menjual mobil listrik modern untuk pembeli individual.

Ambisi untuk menggusur Tata Nano sebagai mobil termurah di dunia pun tidak datang hanya dari Zetye. Karena beberapa produsen mobil China memang sudah mengincar gelar tersebut.

Tercatat sebuah mobil bernama Ben Ben Mini yang dibuat oleh perusahaan mobil bernama Chang An telah dijual dengan harga hanya 29.900 RMB sampai 46.900 RMB atau sekitar Rp 39,86 jutaan sampai Rp 62,52 jutaan saja.

Begitu pula rencana Geely yang merupakan private company terbesar di China. Perusahaan ini sudah bersiap mengeluarkan sebuah mobil sangat murah bernama Intelligent Geely (IG) yang bahkan harganya dibawah harga Tata Nano yakni hanya 10.000 RMB atau sekitar Rp 13,5 jutaan. Mobil ini rencananya akan diproduksi pada tahun 2013 mendatang.

Atau mobil mungil buatan Nissan-Renault yang kabarnya akan menyaingi Tata Nano dengan harga US$ 2.500 atau sekitar Rp 23,2 jutaan saja.

Sumber : http://oto.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More